Kamis, 18 Februari 2016

Gunung Batu, Jonggol: Trip Sehari Berasa Seminggu

Maret, 2015

Bapak mana bapak mana bapak mana... diiimaaannnaaaaa... diiiimaaannnaaaa... di Jonggol~

Mungkin nyanyian ini yg langsung ada di otak kalo denger kata-kata Jonggol.
Hahaha.. yaa Jonggol bukan sekedar nyanyian tapi emang beneran ada di perbatasan Bekasi-Bogor dan daerah ini nyimpen gunung kecil yang eksotis banget pemandangannya; Gunung Batu.

Berangkat dari Bekasi jam 4 subuh, ngelewatin Villa Nusa Indah - Kota Wisata - Jonggol - Gunung Batu. Rencana mau ngejar Sunrise ternyata gagal. Dateng kesana udah terang. Ya belom rejeki namanya.. Disana ternyata udah rame banget. Ada tempat parkir motor dan mobil pun juga ada. Jalannya bagus jadi bisa dilewatin mobil seceper Jazz. Udah dikenain biaya parkir sebesar 15rb untuk mobil,

Oke sebelom mulai cerita, gw saranin dengan amat sangat jangan naek gunung dan maen ke alam disaat musim hujan deh kalo bisa. Mending bobo dirumah selimutan sambil kekepan. Asliii jalurnya blenyek banget. Bahaya juga kan karena licin. Kalo jatoh ke jurang gimana? yeh. serem. *ketok-ketok meja*

Track pertama yg kita lewatin itu jalur tanah yang super blenyek dan nanjak pula. Gw pun kepleset guling-guling berkali kali disini macem film india. Akhirnya sampe di post bayangan, terdapat warung disini. Yak! Warung -,- jalurnya udah sedikit kering. Karena udah gak tanah tapi nyampur batu juga. Disini kalo mau ngecamp bisa, ada spot nya tapi di jalur gitu, dan terbatas.

Ada satu jalur dimana kita mesti gantian buat ngelewatinnya. Karena emang jalurnya cuma bisa buat 1 orang dan kita mesti sedikit manjat-manjat batu gitu. Bahkan sampe disediain webbing (tali) buat naek dan turunnya.


Waktu nempuh nanjak cuma 3 jam. Bahkan bisa kurang dari itu kalo tanah lagi gak belenyek. Sampe puncak macem pasar rame banget, ya karena gw dateng pas weekend dan memang ini gunung lagi hits-hits nya.

Sampe puncak, gw langsung tercengang. Subhanallah.. kece banget pemandangannyaaa.. kaya gw.. yeh *dijorokin* Ternyata di perbatasan Bekasi-Bogor ada tempat keren kaya gini juga.
Tanpa pikir panjang, sesi foto langsung dimulai.



captured by: muhsiddiq

ala ala banget yekan haha




Cuaca puanas banget. Jadi kita buru-buru turun. Lagian kita juga mau ke Curug Cibengang, lokasi gakjauh dari gunung batu ini.
Ke Curug ini kita mesti nempuh dengan jalan kaki. Track pertama kita ngelewatin perkampungan sampe akhirnya kita ketemu sungai besar yang airnya lumayan deras tapi gak dalem. Trus abis nyebrang kita ngelewatin persawahan. Aaaaahhhhh feels good!


Sempet agak nyasar di persawahan karena emang gak ada signage nya. Sampe akhirnya kita nemuin juga jalan, dan mesti nyebrang sungai kecil lagi. Abis itu nyusurin sungai lagi. SERRRUU!!
sedikit tracking dan taraaaaa.. nyampe lah kita di Curug Cibengang.

Laper? Banget! Akhirnya kita keluarin alat tempur kita. Nesting, kompor, gas dan logistik. Makanannya cukup mewah, Kentang goreng, pasta, maccheese, dan somay kukus.


piknik mevvah
Abis kenyang, kita gak sabar mau langsung nyebuurrr..
Byuurrrr... Bbbrrrrr... airnya diiiiinngggiiiiinnn banget.. tapi asik.. karena agak rintik-rintik, jadi curugnya sepi, orang-orang udah pada turun semua. Udah macem Curug pribadi.




Setelah polos foto-foto, kita baru sadar kalo kita melakukan kebodohan yang sangat amat. Ya kita mah apa atuh cuma anak kota yang gak ngerti gejala-gejala dan tanda-tanda alam. Ujan udah mulai deres, kita baru mikir kalo kita mesti lewatin sungai besar. Kalo udah ujan gini kan debit air tinggi. Langsung lah kita bergegas turun ditengah ujan deres banget.

Bener aja dong, sungai besarnya gakbisa kita lewatin. Debit airnya tinggi dan arusnya liar banget. rawr! Kita gak berani nyebrang, Kepleset dikit langsung hanyut dan bhay shaayy!

Trus kita melas kan yaa.. nyari-nyari saung petani buat neduh. adanya di tengah sawah. Kita jalan tengah sawah dengan ujan deres dan petir nya gede-gede banget asli nyeremin. Trus hari udah mulai gelap. Udah mau maghrib. logistik udah abis. Gak ada yang bawa headlamp. Kalo gak reda ujannya yaa wassalam kita terperangkap di saung. Cuma ngeri tiba-tiba ada ular aja kan.



Allah masih sayang sama kita. Yak! tiba-tiba ada petani yang nyamperin kita. Bener-bener secercah harapan dateng. Muka kita langsung berseri-seri bagaikan ketemu harta terpendam *plaakk*
Ternyata kata si bapak, ada jembatan. tapi diujung sana. Alhamdulillah umur kita masih panjang. yeh.
Kita nyusurin sawah sampe jatoh-jatoh gara-gara licin dan banjir. Jadi gakjelas tapaknya. Sampe akhirnya ketemu jembatan yang terbuat dari kayu. Agak sedikit ringkih tapi itu adalah benda berharga kita saat itu. Udah ngelewatin jembatan rasanya legaaaaa banget. Big thank to our superhero deh..





Trus kita menuju mobil dan ganti-ganti baju numpang dirumah warga. Abis itu cuuss pulang. Yang tadinya rencana pulang sore, ini tengah malem baru sampe Bekasi. Bener-bener trip sehari berasa seminggu, haha..

Pelajaran yang bisa diambil? BANYAK BANGEETTT!!!! hahaha capslock rusak.

1. Kalo ujan mending bobo dirumah aja deh. Selimutan. Asliii!!
2. Mesti pinter-pinter baca keadaan sekitar apalagi kalo lo lagi ada di alam.
3. Kalo lagi di alam terbuka, trus cuaca udah mulai berubah ke arah yang gak bagus, mending langsung cus pergi. Jangan malahan masih maen-maen aja
4. Selalu safety! safety procedure dan bawa safety gears.
5. Bawa selalu logistik kalo ke alam walopun ada warung. Karena lo gak akan tau apa yg akan terjadi.

Yaaa kira-kira begitu lah.. pengalaman itu selalu jadi pelajaran yang berharga ya.. dan alam adalah gurunya. guru yang mengajarkan semuanya.

Thankyou guys buat pengalaman yang asik!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar