Rabu, 05 Februari 2014

Hidden Paradise: Segara Anakan, Sempu Island



Hidden Paradise

Gw ini dari dulu emang travel addict banget. Tapi baru bisa yang mengekspresikannya, eh apa ya bahasa yang tepatnya? Hmm.. mengapresiasikannya? Melakukannya? menyalurkannya? Aahhyasudahlahya..


Nah gw baru bisa menyalurkannya dengan totalitas ya setelah lulus kuliah tahun 2011. Sebelomnya mah palingan setaun sekali ato duakali doang pas liburan sekolah ato liburan semester.


Baru turun dari Merapi bulan Maret 2013, bulan Mei udah ada planning lagi. Kali ini mau ke Pulau Sempu. Pulau Sempu terletak di sebelah selatan Pantai Sendang Biru Kab. Malang. Pulau yang tak berpenghuni ini punya keindahan yang gak kalah kerennya sama Phi-Phi Island di Phuket, katanya~.


Kenapa ke Pulau? Kenapa gak gunung lagi? ya karena pengen coba hal baru. Lagi2 hal baru. Gw suka coba hal baru yang menantang.

Di Sempu ini rencana mau ngecamp semalem. Katanya untuk sampe ke Segara Anakan, kita harus trekking dalam hutan kurang lebih 2 jam-an dan trek nya berlumpur. Trus sampai sana gak ada air bersih. Oke mulai siap2in barang2 bawaan, siapin gears dan alat2 narsis *kudu :p

we are ready to go!

Perjalanan di mulai dari Malang tanggal 10 Mei 2013, jam 11 siang.  Kita charter angkot kesana. Personilnya: Gw, Lita, Chute, Martha, Renita, Asep serta 3 temennya (punten lupa namanya :p) dan Bang Risman, Bang Awi, Bang Jepo (Ambonese). Lagi2 Ambonese. Karena emang mereka yang kita kenal yang mengerti soal outdoor2an. Mereka kuliah di Malang. Yang sekarang umurnya sepantaran ma kita.


Sampe di Sendang biru itu jam 2an. Sebelom nyebrang, kita makan dulu disedian sama bapak yang punya perahu buat nyebrang. Karena asik ngobrol2 jadi lupa waktu. akhirnya kesorean deeehhh nyebrangnya.

maap pecah, maklum resolusi kamera hp -,-
Nyebrang dari Sendang Biru ke Pulau Semut sekitar 15 menitan. Nah mulai trekking dari Pulau Semut udah mau magrib. Udah mulai siapin headlamp. Baru awal trekking aja udah ada aja kejadian. Sendal gunung yang gw pake coplok doonggg!! Bingung kan gw, pada gak bawa cadangan pula. Tiba2 lewatlah another pahlawan tanpa tanda jasa~ doi minjemin sendal nya ke gw. Ah si mas semoga dapet jodoh yang ajib ya mas~

Makin lama makin malem. Seperti biasa gw trekking di barisan depan. Makin sunyi sunyi senyap tiba2 ada suara "GEDEBUUUUKKKK"

"apaan tuuhhh???" sambil naikin mata satu *itu Jaja Miharja de *plak

Gw pikir kan ada pohon tumbang ya, ternyata eh ternyata si Martha yang jatoh. Asli gw bingung antara mau ngakak *jahat* sama takut. Karena gw cuma denger suaranya doang trus Bang Risman ngamuk gara2 kita yang didepan jalannya cepet banget.

Oke, jalan lagi. Keadaan kembali sunyi senyap lagi tiba2 "BUUUKKK.. BUUUKKKK.."

"apaan lagi tuuhh??" yang ini gak pake naikin mata satu

Tau2nya lagi ada pilem india. Awalnya Lita jatoh yang di ikuti dengan jatohnya Bang Risman juga gara2 doi diselengkat Lita. Ya Allah maen bola kok yaa di hutan. Trus guling2an deh mereka berdua. Trus liat2an. Tiba2 ada backsound Kuch Kuch Hota He *yang ini boong

Oke kita tinggalkan mereka. Kita lanjut jalan lagi sampe akhirnya, taraaaaaa~ sampe juga di Segara Anakan. Udah banyak banget yang ngecamp. Ya karena kita dateng pas lagi hari libur kejepit.

Nyari tempat buat diriin tenda, gelar matras, siapin kompor dan nesting, dan mulai masak2. Cewe2 yang masak? tentu tidaakkk~ yang masak Bang Awi, kita mah cewe2 cuma liatin doang sambil jongkok, biar kerasa sibuknya. Hahahaahha gak deng.. kita bantu2in beres2in.

Menu makanannya termasuk mewah: nasi, telor balado, mie goreng. Gak lupa kopi. Ngariung sambil ngobrol2, ketawa2, foto2, seru!


FYI, tenda yang kita bawa gak ada yang dipake buat tidur. Tuh tenda cuma buat dipake nyimpen carrier. Kita? kita mah tidur dipasir beralaskan matras, diselimutin SB yang dibentangin trus bejejer macem sarden.

Ngobrol2 sambil liatin bintang2 yang lagi pada arisan di langit, trus ngitungin bintang jatoh sampe ketiduran. Aaaaahhh life's good! *kemudian paginya masuk angin*

Pagi buta kita udah bangun berharap dapet sunrise. Tapi gak dapet, huks. Pas udah agak terangan, gw takjub keren banget pemandangannya! Subhanallah.. Yaa 11-15 lah sama Phi-Phi Island~ Yaudah kita foto2 abis itu maen air deh sebelom panas dan banyak orang di Segara Anakannya.

Segara Anakan

ki-ka: Chute, gw, Lita, Renita, Martha

travelingid.com | @travelingid
bocah kegirangan
Abis maen2 air, kita trekking dikit ke arah bukit sebelah. Bawa matras, logistik dan alat masak. Yeay lunch time! Kali ini gak mewah tapi yang penting kebersamaannya *tsaaaahh*. Kita masak? lagi2 gak dong~ kita bagian yang nikmatin. lagi2 Bang Awi yang masak, haha.. Sebelom makan, kita jalan2 dulu ke tebing gede yang gak jauh dari bukit. Pemandangannya keren banget langsung menuju Samudera Hindia.

formasi lengkap
Eat, Travel, Sleep ;)





maap, bocah ini emang lagi kegirangan pada saat itu
Gw sok2an foto dipinggir tebing tinggi banget yang bawahnya langsung Samudera Hindia, yang ombaknya gede banget sampe nyampe ke tebing.

"DUUUUUAAAARRRRR" *eh gimana sih suara ombak yang nabrak tebing?* ya gitu deh kira2 suaranya. Doi nyamber gw yang lagi pose, duduk manis, gaktau apa2, masih polos, suci dan tidak bernoda ini *dilempar kaleng cat*

Gw reflek mau kabur, tiba2 "breeekkkk..." yaakk celana gw kerobek karang. Bagus!

Mendadak gw langsung kuyup dan ketawa ngakak nahan malu *dalem hati sih histeris, kalo gw kesapu ombaknya gimana??? yaudah BHAY!*

pose 1
pose 2
pose 3, DUUUAAARRR -,-
Oke hari sudah makin siang dan kita bersih2 siap2 rapih2 buat balik. Logistik masih banyak trus dikasihin ke tenda2 sebelah. Sampah2 di kumpulin dan dibawa balik juga. Ternyata eh ternyata, setelah ditelusurin yang kasus Martha kemaren jatoh itu karena doi bawain jatah Aqua 1500ml punya gw. Jadi dia bawa 3 botol Aqua 1500ml. Hahahahah.. maap ya thaa.. Pantes tas gw enteng~

formasi lengkap sebelom balik
di Sendang Biru~
Ya kira2 begitulah cerita Sempu gw. Lagi2 dapet temen2 baru. Lagi2 pengalaman baru. Lagi2 bisa nikmatin keindahan alam Indonesia yang keren banget. Makin cinta sama Indonesia, makin pengen terus mengeksplor Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar