Selasa, 04 Februari 2014

Well, hello Mr. Merapi

source: google.com
Baru pulang dari Jogjakarta pas liburan Natal 2012 dan tahun baru 2013, Bulan Maret 2013 udah balik lagi ke Jogja. Kali ini beda tujuan liburannya. Liburan nya lebih menantang dan menguji adrenalin serta iman dan takwa. Yak naik gunung, si ganteng Gunung Merapi :3


“Hah? Naek gunung?? Merapi??? Entar meletus de!! ” teriak mama yang selama ini terkenal lembut dan gak heboh-an
“Ya gak lagi meletus mama -,- pengen nyoba hal baru. Mumpung ada yang guide. Kapan lagi.” pasang muka melas dan mata yang berkaca-kaca


Setelah rayuan maut gw yang terkenal ampuh, akhirnya dibolehin. Yes! Mulai yang namanya gw rajin olahraga. Jogging, sepedaan, dan latian2 fisik lainnya. Mulai nyari2 gears dari beli sampe minjem sana sini. 


Rempong? Bangeeettt!!! Ini bakalan jadi pengalamam pertama gw naik gunung. Gara-gara nonton film 5cm? Gak bangeeettt!!! Nonton aja gw belom pernah waktu itu.

Berangkat ke Jogja tanggal 8 Maret 2013, naek kereta Taksaka malam. Pulang kantor jam 6 teng langsung cussss buru2 ke Gambir naik ojek. Dari Jakarta sama Lita, Chute, Renita dan Martha. Mereka temen kampus gw, satu jurusan, satu angkatan, satu visi dan misi *pasang kacamata*. Sampe Jogja subuh dan dijemput sama babang Wira yang rumahnya bakal kita tumpangin nanti :p


gak usah komen muka sembeb gw -,-

Sebelom naik Merapi, kita kenalan dulu sama yang guide nya. Mereka itu mahasiswa-mahasiswa asal Ambon yang kuliah di Jogja.


“Hah? Orang Ambon de??? Lo temenan sama orang Ambon? Gilaaakk” pertanyaan yang sering gw terima dari temen-temen gw yang lebay dan cuma memandang dari sebelah mata aja. Ambonese ini baik-baik banget, care, ngayomin walopun umurnya dibawah gw ma temen-temen gw. 

ki-ka: Lita, gw, Chute, Martha, Renita
alkid


Kita mulai berangkat ke Merapi dari Jogja tanggal 11 Maret 2013 sekitar jam 1 malam. Personilnya: gw, Lita, Martha, Renita, Chute, bang Wira, Iman, Ihsan dan yang guide Boim, Amar, Irsyad, bang Alfi, Oetham (Ambonese). Sampe di New Selo sekitar jam3an. Siap-siap, berdoa dan cus nanjak Gunung Merapi ngejar sunrise.


Mulai jalan langsung nanjak. Gak ada basa basinya nih gunung. 10 menit pertama gw denger suara napas Martha yang kaya orang lagi sesek. Soalnya gw pas banget dibelakangnya. Doi makin lambat jalannya, akhirnya gw nyusul. Gw terus jalan, ngatur napas, kalo istirahat katanya jangan duduk entar cape. Sampe akhirnya gw gak sadar kalo gw cuma jalan ber3an aja: gw, Chute dan Boim. Yang lainnya dibelakang lumayan jauh. 

“Masih jauh gak bang? Berapa lama lagi? jalannya nanjak terus ya?” *pertanyaan standart para newbie macem gw*

“Udah deket. Tuh diatas. Udah keliatan” *jawaban standart para guide*

“Ooh...” dalem hati mikir, keliatan dari mane orang gelep gini. Dari tadi perasaan bilangnya udah deket muluk! *dumelan standart para newbie*
  



Saking lamanya trekking karena berenti2 muluk, akhirnya telat dapet sunrise diatas. Belom sampe pos 1 udah terbit aja tuh matahari.
Hiraukan modelnya
Sampe pos 1, akhirnya kita istirahat dulu, foto-foto lagi sambil nungguin rombongan yang laen. Trus ketemu lah sama pendaki laen yang lagi foto-foto juga. akhirnya ngobrol-ngobrol dan kita malah foto-foto bareng. Ada salah satu dari mereka yang buat lita kepincut. Yang megang kamera. Trus si icih lita akhirnya minta facebooknya dia dengan alesan minta dikirimin fotonya (aaahhhh lagu lama`~) hahaha.. namanya mas Handz.

ki-ka: Iman, Chute, Lita, Bg Wira, gw, Renita, Irsyad
Hasil foto icihannya Lita :p
Abis itu kita lanjut trekking lagi. Jalurnya makin terjal. Semuanya bebatuan yang gede-gede. Muntahan material Merapi erupsi waktu itu. Lumayan kaget juga sih baru pertama kali naik gunung dan langsung merapi yang notabenenya bukan termasuk gunung untuk pemula. Udah gitu kondisinya gw lagi flu dan batuk-batuk. 


Sampe di Watu gajah. Gw cuma bisa bilang Subhanallah...... asli keren banget!! Negeri diatas awan itu ada!!! Dan gw lagi ada diatasnya!!! *histeris*
Dari Watu Gajah gw bisa liat Gunung Merbabu, cantik banget. Gw langsung jatuh cinta liat pertama kali. 

mountaineers
i'll catch you soon, Merbabu

negeri diatas awan
Kita agak lama berhenti di Watu Gajah saking indahnya disana. Gak pengen beranjak rasanya. Tapi kita harus tetep lanjut jalan lagi sebelom siang. Gw, Chute, Lita, Iman, Boim, Amar, Irsyad dan bang Alfi lanjut ke pasar bubrah. Yang lainnya ketiduran dong di Watu Gajah. Boookkk berasa hotel yee -,-


Di Pasar Bubrah yang katanya pasar setan itu kita keujanan. Termasuk badai sih. Dingin? Bangeeetttt!!!! Kita gak bawa tenda karena ya emg gak ada niat buat camp. Akhirnya kita nyari batu gede yang ada celahnya.


Hujan udah mulai reda, ternyata ada yang camp di Pasar Bubrah. Boim nyamperin ke tenda itu minjem nesting dan kompor buat bikin kopi. Gw ma lita kelaperan tapi gak bawa makanan berat akhirnya ngemilin bengbeng. Dan lo mesti tau!! Itu bengbeng terenak yang pernah gw makan!!! Yaaakkk lebay! Bodo! Tapi emang beneraaannn enak baget hahaha..


Udah reda, akhirnya lanjut ke puncak. Sesungguhnya gw udah gak minat. Selaen emang capek banget dan gw liat jalanannya pasir dan nanjak bener-bener bikin gak napsu.


“Yuk de.. gpp.. naik semeter dua meter ajaa. Icipin pasirnya dikit. Mumpung udah disini” rayu lita ke gw. Sial tukang rayu dibalik rayu. Yaudah ke-rayu deh gw.


Naik semeter dua meter kok gak berenti-berenti. Ternyata lanjut terus menuju puncak. Puncak asmara~
De..pliss!


Ditengah perjalanan pasir berbisik yang gw naek 2 langkah trus turun 1 langkah itu, gw udah nyerah!! Gw duduk dan mempersilahkan yang lain untuk lanjut dan gw mau balik aja ke bubrah. Tapi gw ditolak. Ah sakit hati~
walopun lagi menderita, narsis itu wajib hukumnya!
waktu gw ditolak dan mesti lanjut lagi -,-

Tapi tiba2 pahlawan tanpa tanda jasa dateng menyelamatkan gw. Proudly present, taraaaaa~ si Amar. Doi yang narik-narik gw di tanjakan pasir itu. Trus narik-narik gw sambil lari di batu-batuan gede. Pilem india kalah!


Nah yang udah jalan duluan jauh diatas itu tiba-tiba berhenti. Dan kayaknya bingung mau lanjut apa gak. Karena udah siang. Gw yang dibawah udah nolak dengan sangat keras sambil lambai-lambai-in tangan. Dan apa reaksi yang diatas? Lambai-lambai balik. Dipikir gw dadah dadah. YAKALEE!! Trus dengan santainya mereka lanjut jalan lagi *pingsan*

Gak cuma disitu aja penderitaan gw..

"BROOOOOTTTT!!" terdengar suara yang sangat nyaring dan sedikit berhembus ke muka gw. 

Iya iyaaa itu suara kentut iyaaa!! Chute kentutin pas di muka gw dan langsung kehirup sampe ke otak gw rasa. Pantes sekarang pemikiran gw absurd banget~

Setelah bertubi-tubi dikasih penderitaan, akhirnya gw mendengar secercah harapan, "tuh puncaknya udah keliatan dikit lagi.." mata gw berbinar-binar, langsung semangat naik.


Alhamdulillah nyampe juga puncak Garuda. Walopun udah gak bentuk garuda lagi gara-gara erupsi. Yak Gunung Merapi terkenal dengan puncak Garuda yang bentuknya seperti burung Garuda, katanya~. Sampe di puncak itu jam 11.45. Iye iye lama amet iye. Namanya juga newbie. Huft ya.. Puncaknya gak keliatan, udah berkabut banget.
ki-ka-ki: Irsyad, Amar, Bg Alfi, Boim, Chute, Lita, Gw. Yang foto Iman :p
di puncak sama Boim dan Amar, dan gw gak berani berdiri :/

nah itu puncaknya katanya sih bentuk burung garuda. ngeh ga?
Sampe puncak, cuma satu yang ada dipikiran gw: gimana caranya turun? Gimana?? *rintihan anak yang mengidap phobia ketinggian*. Alhasil gw turun macem sipederman. Ngerayap-rayap gitu.


Ada kejadian yang gak akan gw lupain di sini, pas turun masih di pasir pasir, tiba-tiba, gw, Chute, Amar salah jalur. Jalurnya bener2 gak ada pijakan, pasir semua yang bener2 menuju jurang. Anjrit gw cuma pegangan di batu kecil yang tuh batu bisa aja lepas. Dan kalo lepas ya BHAY! 
Panik keringet dingin banget banget. Lagi-lagi Amar jadi pahlawan gw di sana. Doi bikin pijakan dipasir dan gw disuruh injek kakinya. Ya Allah kalo gak ada Amar. Gak ngerti lagi deh gw.


Sampe di New selo itu jam 5 sore. Iyaaaa jam 5 sore iya lama bangeettt! Yaudahlahyaaa.. yang penting pengalaman pertama gw bener-bener berkesan dan banyak banget pelajaran.

Turun dari Merapi, besoknya di ajak ke Parang Tritis, mau nyari sunset.

ihihi akoh di candid jadi malu :3
yang kribo namanya oetham
foto aslinya sebenernya siluet, sunsetnya keren banget. tapi diterangin jadinya pecah *yeh curhat di caption*

Kapok? Gak mungkin! Gw bener2 ketagihan banget banget naik gunung. Impian gw dari dulu untuk bisa ada di alam kaya gini. 

Yang gw dapet?
Pengalaman baru, keindahan alam, belajar mengatasi ego, belajar ikhlas, belajar disiplin, kebersamaan, suka duka bareng, stangers who become friends, friends who become closefriends, berani ngelawan phobia, tau karakter teman yang sebenarnya, tau kenapa para pendaki itu care.

Dan gw bener2 ngerasa kecil di Mata Allah. 

3 komentar:

  1. ahhh cadeyak pake buka kartu haha. Merapi menjadi saksi bisu pertemuan itu. *tsailah* haha. Glad to be the part of your very first time "Summit" experience ;))) semoga kita bs mengarungi puncak2lain bareng2yaaaaa. :*

    sibonlang.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. anytime deareessttt :* cepet balik indo! kesian carrier dianggurin :p

      Hapus