Kamis, 06 Februari 2014

SEMERU: A place where you can find a Paradise on Earth


Rencananya sih bulan Juni mau cuti traveling dulu sampe selese puasa bulan Agustus sambil memulihkan isi rekening dan biar agak lebih fokus dulu aja sama kerjaan :p 

Tapi nya yaaahhh..... emang dasarnya gampang ke-rayu iming2 traveling, jadilah gw nerima ajakan Reza dan Bang Risman ke Gunung Semeru. Aku lemah~~~

lavender ini yang bikin gw kerayu buat ke Semeru
semacem horror ya macem batu nisan -,- anw, thankyou :)
"Namanya aja udah di Mahameru, orangnya kapan?" Tiba2 Reza BBM gw dan ngirimin 2 foto itu abis dia turun dari Semeru awal Juni 2013. Dia abis lulus dan wisudaan di Mahameru. Tapi dia mau nemenin gw ma Lita lagi ke Semeru akhir Juni. Bener2 kuncen Semeru -,-


Nah perizinan ke nyokap untuk traveling kali ini bener2 penuh drama. Drama Korea mah lewat!! Gw sama nyokap adu argumentasi, cekcok, banting piring, tebalikin meja, tampar aku masss TAMPAAARRR! Oke abaikan~


Setelah perizinan yang alot, amum, benyek, akhirnya dibolehin dengan syarat tahun 2013 gak boleh lagi naik gunung. Kalo mau naek lagi tahun depan. Dan setahun cuma boleh 2 gunung!


AAPPPAAAHHH??!!!! *zoom in zoom out**naga dateng sambil sembur2 api*


Oke kita tinggalkan drama sinetron naga2an ini~


Seperti biasa gw persiapan fisik dulu, lengkapin gears yang diperlukan  dan lagi-lagi mesti nyiapin perlengkapan narsis biar tetep kece di gunung. HAHA!


Untuk traveling kali ini, gw berangkat dari Jakarta cuma berdua aja sama Lita. Gw maksain banget traveling kali ini berangkat soalnya Lita mau S2 di Australia dan berangkat bulan Juli. Kan ceritanya mau puas2in karena bakalan lama gak akan traveling bareng si bonsai ini :3


Jadilah kita berdua cus tanggal 15 Juni 2013, flight pagi ke Surabaya. Sampe disana kita dijemput sama Reza, Bang Risman dan Bang Awi, trus ke Malang deh. Trip kali ini kita numpang stay di kontrakannya Reza.


Kita mulai beli-beli logistik. FYI kalo sama mereka ini, makanannya mesti yang berat, gak sekedar mie instant aja. Belanja udah macem mau camp seminggu. Seperti biasa gw sama Lita cuma bagian2 cemilan aja, yang cowo2 bagian makanan utama, trus beli sayur, sop2an, bawang blablabla.. *minder perlahan*


Gw, Lita, Reza, Bang Risman berangkat tanggal 16 Juni 2013 jam 11 siang naek angkot. Bang Awi sih udah duluan berangkat subuhnya. Sampe Tumpang jam 1an dan sepi banget. Untuk ke Ranupani itu kita naek Jeep dari Tumpang, 400rb/Jeep, 1 Jeep bisa untuk belasan orang. Dan kita cuma pake buat ber-4, karena nungguin sampe jam 3 gak ada yang dateng-dateng.



Di Jeep gw excited banget banget. Mulai dari duduk manis, celingak celinguk, ketawa2, bediri sambil teriak-teriak, kejedak jeduk, sampe akhirnya duduk lagi gegara mual tapi gak nyampe2 -,- Gw gak kebayang yang naek Jeep sampe belasan dempet2an gitu.



Sampe Ranupani sekitar jam4an, registrasi, siap-siap and ready to hike! Jalur awal itu aspal sampe ke Gerbang Pendakian semeru, baru berubah jadi semacem conblock. Uniknya jalur di Semeru mulai dari gerbang sampai pos 1 kesana lagi itu jalananya conblock. Mempermudah pendaki dan jalurnya lumayan landai sampe pos 3. Aaaah~ kamu emang yang paling mengerti aku, Sem :3
outfit: trekking jacket, quick dry pants, slayer, mountain shoes, carrier, ready to hike!
jalan aspal
mountaineers: dea, lita, bang risman, reza

Jangan ketipu ya sama carrier gw yang tingginya hampir lewatin kepala. Isinya Cuma SB, matras, outfit, gears2 narsis sama logistik2 ringan macem cemilan dan mie2an. Hahaha. Isi carrier Lita pun sama. Isi carrier nya bang Risman 2 tenda. Isi carriernya Reza, peralatan berat, logistik2 berat dan trangia.


Sampai pos 1 itu udah magrib. Istirahat dulu dan siapin headlamp. Sampai di Pos 2 ketemu sama pendaki yang baru turun. Kita ngobrol2 sebentar.


“Hati-hati ya mas tadi dijalan antara pos 3 ke pos 2 ada cewe yang manggil-manggil, gak usah nengok2 ya.” Kata salah satu mas2 kampret yang berbaik hati ngasih informasi bermanfaat itu.


Denger begituan antara lemes, panik, gundah gulana, gelisah dan resah. “Gak kok cak, gak! Bukan apa2” si Reza berasa lagi nenangin bocah yeee -,-


Disepanjang perjalanan Reza pasang musik sambil nyanyi biar gw gak mikir macem. Trus mendadak sunyi musik berenti trus dia berenti nyanyi juga. PANIK!


“Long.. kok diem?” pas gw nengok ternyata batre nya abis. Yeh. Pikiran gw udah horror ajeh. Kalo ternyata dia di gondol momo begimane? Gw jalan paling belakang dong? Ato gak kalo tiba2 yang dibelakang gw bukan Reza gimana?? Ato kalo ternyata depan gw bukan lita dan gw jalan sendirian dari pos 2 gimana??? #plak


Jadi jalannya tuh urutannya Bang Risman yang buka jalan, trus Lita, belakangnya gw, dan paling belakang Reza. Jalan kita termasuk konstan. Berhenti lumayan sering tapi dibatasin waktu sama Reza. 


“Yok.. tarik tarik!” itu maksutnya kita disuruh istirahat dulu dan kita pose nya kaya orang rukuk trus carriernya di taro di punggung. Jangan duduk, entar cepet capek. Karena kan kita mesti ngeluarin tenaga lagi dari duduk ke berdiri dan itu berat banget.


Ketemu jembatan trus berenti dulu bentar. Duduk sambil liatin bintang. BINTANG!! Bintangnya banyak bangeettt!! Gw suka banget sama bintang yang lagi arisan gitu. Ngumpul rukun~



Sampe di pos 3 jalannya langsung nanjak terjal. Woohh lumayan betis kerasa tapi jaraknya gak jauh. Dari jalur yang tanjakan itu, jalan mulai landai lagi. 


Kata Reza, Ranukumbolo udah deket, kita lewatin pos 4 trus jalan sedikit udah mau nyampe Rakum. Pas lagi semangat2nya gw mau cepet nyampe Rakum, gw malah liat depan gw kok jalannya miring-miring terus. Yak siapa lagi kalo bukan Lita. Udah jam tidur nya itu, lagi trekking aja bisa ngantuk. No wonder -,- coba aja gw videoin. Itu kocak banget!


“Ranukumbolo..!!!” aaakkk histeris banget gw! Walopun liatnya udah gelap tapi tetep keren. Langsung Reza dan Bang Risman diriin tenda dulu. Gw ma Lita? Yaa kita langsung ngejoprok di rumput. Udah lemes gak berdaya. Abis udah berdiri tuh tenda, kita langsung masuk dan bersih-bersih badan, genti baju.


Disaat chef Reza dan Bang Risman masak, gw ma Lita cuma liatin. Udah gak berdaya banget. Maklum newbie kecapean baru trekking gitu aja *alesan gw oke ga?* Abis makan, langsung tiduuurrrr. Oya Reza seneng banget dia masak.


Rencananya gw mau liat sunrise di Rakum. Kata blog-blog yang gw baca sih, sunrise di Rakum itu keren bangeeettttttttt. Tapi gagaalll gara2 kesiangan. Ngeraih sunrise aja gw gagal, gimana ngeraih jodoh :3


Nah gw pikir kan bakalan lanjut ke puncak ya, eh taunya gaaakk! Alesannya katanya waktunya ngepas banget kalo ke Mahameru dan bakalan kecapean kan mesti ngejar flight dari Surabaya tanggal 19 malem dan besoknya gw mesti kerja. 


Di Gunung aja gw masih kena PHP. Sakit aku mas, sakit~
















~~~~~Abaikan foto kelincinya~~~~~


WOW!!!” satu kata pas gw liat Ranukumbolo. Subhanallah.. the most romantic place i've ever seen! Pemandangannya keren banget. Dan tenda kita pas banget depan Rakum. Kalo kita milih kavling rumah di cluster nih, ini harganya udah kaya kavling yang view nya ngadep danau, pantai, ato lapangan golf. Mahal! *namanya juga mantan mahasiswa arsitektur, perumpamaannya ya yg macem begini ini*
ada gw nya ya? kehalangan ya rakum nya?

yaudah deh nih yang gak ada gw nya~
a good friend can always brighten a gloomy day *kiss

Kita bener-bener killing time disini, kerjaannya cuma makan, ngobrol, foto2, nikmatin pemandangan, makan ngopi, foto2, tidur2an, ngobrol, ganti2 outfit, foto2, trus makan lagi.. yaa begitu aja sampe sekiranya bosen~

we love camping!
life is too short to be spent alone
kill nothing but time
Nah chef Reza beraksi kembali dan dibantu Bang Risman, menu makanannya: nasi putih, sop campur telor, telor dadar dan mie instant. Ada abon juga, sarden, kornet, macem2 lah. Kita yang cewe2? Teennaaanggg kita bantuin. Bantuin nyuci2innya. Hoho.. 

Oiya awalnya gw bingung kenapa kita gak bawa air mineral gede. Ternyata airnya langsung ambil aja dari Rakum. Even minumnya pun langsung dari air Rakum tanpa dimasak dulu. Rasanya? segeerr.. hahaha.. padahal mah ya kalo di inget2 itu air bekas nyuci2, trus orang bersih2, macem2 lah. Yaaa kita ambil air untuk minum dan masak2nya mah dari sisi sebelah ujuuuuungg bangeeetttt. Dan mesti tau, untuk ke sisi ujung aja mesti lewatin beberapa “ranjau darat” yang gak dikubur! what the..
sop rakum ala chef Reza, nyum!
bukti kalo kita bantu nyuci piring, hahaha
abis makan ngantuk dan tidur, orang indonesia~
Sorenya, kita mau jalan2 ke Oro-Oro Ombo, mau liat si cantik Lavender :3 Untuk nyampe ke Oro-Oro Ombo dari Rakum, kita mesti lewatin namanya Tanjakan Cinta. Tanjakan Cinta itu jalan setapak menuju bukit, kemiringannya sekitar 45 derajat lah. 
 
Jadi katanya dulu ada pasangan yang udah tunangan naik Gunung Semeru. Pas lewat tanjakan, si cowo jalan duluan dan sampai di atas bukit tanpa nengok sedikit pun ke belakang. Tapi yang cewe kecapean, trus jatoh keguling, trus meninggal deh.

Nah jadi mitos yang beredar, pendaki yang mikirin pasangannya dan berhasil lewat Tanjakan Cinta tanpa nengok ke belakang, akan berjodoh dan cintanya abadi. Sebaliknya, kalo di tengah jalan doi nengok ke belakang, hubungan percintaan konon akan putus.

Cakep nih! Karena gw doang yang baru pertama kali ke Semeru, gw kesenengan kan mau coba buat lucu2an aja. Naaaaaahhhh.... permasalahannya kan gw gak ada pasangan. Trus gw mikirin siapa?? Gimana nasib jomblo2 yang naek Semeru?? Aaahh Tanjakannya gak adil~

fokus..fokus..jangan nengok..jangan nengok,,

Bodo amet, gw mikirin siapa aja deh yang ada di otak gw. Hahaha..


“deeee.. deaaa!!” “caaakkk....” suara-suara gaib mencoba ganggu gw. Tetep kekeuh gak mau nengok sampe atas.


Sebelom ada yang nanya mitosnya berhasil apa gak di gw, gw jawab aja sekarang. KAGAK! *sabar de! Emg bukan buat si jomblo mitosnya*


Karena kesorean jadinya sampe atas udah gelep. Udah gak keliatan lagi padang lavendernya. Huhu.. akhirnya kita duduk2 aja. Sebelom gelep banget, kita mesti balik karena gak ada yang bawa headlamp. 
thanks for the adventure

Pas mau turun Tanjakan Cinta, eh ketemu sama Bang Awi, dia baru balik dari Mahameru. Keren! Gw siriikkkk! Yang laennya udah pada nyampe Mahameru, gw doangan yang belom!


Disini ada anak orang yang hampir keguling2. Ceritanya gini..... Kan mau turun Tanjakan Cinta ya, tangan gw dipegangin sama Reza. Karena bang Awi dateng, Reza excited dan refleks lepasin tangan gw. Gilaaakk untung gw lincah kan yaaa jadi gw langsung megang apapun yang ada disekitar gw. Kalo gw gak pegangan mungkin nasib gw hampir sama kaya legenda Tanjakan Cinta. BHAY!


Sampe tenda, chef Reza, bang Risman dan bang Awi mulai nyiap2in makan malam. Kali ini gw ma Lita bantu................... dengan doa~ hahahaha sumpah bukannya gakmau bantu, tapi emang katanya kalo kita ikutan masak malah jadi ribet.


Abis makan, kita tidur2an di matras ngobrol2, minum susu dan kopi anget sambil liatin bintang dan mandangin Ranukumbolo. Aahhhh life’s good! Bener2 pengen camp lebih lama lagi disini. Tapi besok udah mesti turun.


Besok pagi, gw berencana ngejar sunsrise lagi. Dan lagi2 pula gak kekejar itu sunrise.
 
suasana pagi Ranukumbolo. gw nya ngehalangin lagi ya?

nih biar makin kehalangan gw! HA!
Gw, Lita, Bang Awi mau cuci muka gosok gigi, dan mesti jalaaannn jaauuuhhh dan ngelewatin another “ranjau darat” lagi. huff..

“Waaahh ada spot foto kereenn!!!!” gak bisa banget liat spot2 yang asik


sarapan sambil mandangin rakum~
Udah bersih, ganti baju, sarapan, trus kita cus ke Oro-Oro Ombo. Lewatin Tanjakan Cinta lagi. Karena udah ke-2 kali nya jadi gak ngaruh katanya. Yaudah jadi gw bebas liat2 ke belakang. Waaahh ternyata keren banget pemandangan Ranukumbolo dari Tanjakan Cinta.

Ranukumbolo berkabut
dari Tanjakan Cinta menuju Oro-Oro Ombo

Sampe atas, trekking dikit dan taaaaarrrrraaaaa~ welcome to Oro-Oro Ombo, the most beautiful place i’ve ever seen! Aaaakkk gak berhenti-henti gw bilang Subhanallah.. Gak perlu ke luar negeri buat liat padang Lavender. Di Indonesia juga ada, gak kalah keren. Aaahh makin cinta sama gunung ini. Gak ada niatan gw sama sekali buat metik Lavendernya. Gaktau kenapa padahal cantik banget. Mungkin karena gw ngerasa dia lebih cantik disini, sama temen2nya dan berkumpul. Itu yang buat Oro-Oro Ombo itu indah.

enjoying our last moment before we're focusing on our life's target -Lita-
take nothing but picture
laughter is timeless, bestfriend is forever
Aduuhh padahal masih banyak foto-foto keren di sini, tapi beberapa koleksi pribadi :p
Udah puas foto foto, kita balik ke Tenda, dan beres2 packing2 karena kita mau turun. Logistik masih banyak padahal kita kerjaannya makan muluk. Akhirnya dibagi2in ke tenda2 sebelah. Sampah2 dibawa balik lagi. Pokoknya gak ada yang kita tinggalin deh.
Sedih mau ninggalin tempat ini. Ada hikmahnya juga sih gw gak ke Mahameru, bisa nikmatin surga dunia ini.

leave nothing but footprints
Pas mau pulang ternyata hujan. Jadi kita neduh dulu di Shelter yang ada di Rakum. Shelternya berbentuk rumah, biasanya dipake untuk porter porter. Lumayan lama hujannya. Pas berhenti, udah sore, dan kayaknya agak kesorean untuk turun.


Kita baliknya beda jalur, lewat Gunung Ayak-Ayak. Menuju gunung ini tuh kita ngelewatin padang gitu, kereeeennn bangeettt indaaaahhhh. *sayang gak difoto*


Sampe di Gn Ayak-Ayak, jalur mulai nanjak terusss sampe bosen, gilaaakkk bangeettt. Istirahat aja di jalur nanjak. Gak ada datar2nya amet. Sempet agak mual perut gw gara2 di Rakum makannya udah kaya kuli. Dan kerjaannya emang makan mulu.

Nah pas jalur turunnya turuuuuunnn terusss sampe bete. Sepanjang perjalanan kedengeran suara gemuruh, kaya gemuruh air terjun. Tau2nya suara angin. Astagfirullah suaranya nyeremin banget. Suasananya udah creepy lah.
 
Akhirnya kita sampe di satu desa. Dan kayaknya nyasar. Salah jalan. Ternyata kuncen Semeru bisa nyasar juga haha.. kita sedikit muter, tapi gak jauh sih. Akhirnya sampe juga di Ranupani.

Ternyata ada rombongan juga yang baru turun. Akhirnya kita joinan charter truck buat rame2.


Sampe rumah langsung mandi, bersih-bersih, unpacking dan tidoooorrrrr.

Besok paginya gw DEMAM! Hahahaha as always deh Novrilia, abis liburan langsung demam.. demam cinta~

~~~~abaikan~~~~


Yak selese juga trip ke 3 gw di tahun 2013.


Yang gw dapet? SUMPAH BANYAK BANGET! Gw belajar menahan ego, belajar menahan kemauan yang gak mungkin, gw belajar semua itu ada hikmahnya, gw nemuin another surga dunia, gw belajar manajemen waktu, belajar hidup di alam bebas, belajar mengatasi phobia gelap dan momo, belajar kalo semua orang yang datang ke kita itu adalah salah satu media pembelajaran kita, dan masih banyak yang lainnya.


Thanks for the adventure guys, especially Lita, my best hiking and travel mate. I love you to the bones!











Berarti gw masih utang Semeru nih. InsyaAllah bisa bayar utang sampe Mahameru, aamiin..

8 komentar:

  1. Kok ada ponakanku (Lita) disini :-) Awesome pics. Great Blog !

    Salam,
    www.sinta-rahmi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. belum kesampean nih ke semeru :(
    mupeenggg banggettt.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti banget ke semeru apalagi pas si bunga ungu lagi mekar, its a must ;)

      Hapus
  3. waah, gue seumur2 ke semeru ga pernah dapet view lavender lagi bekembang.. :[

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah sayang banget mas.. bulan mei-juli berkembangnya

      Hapus
  4. Doain aku ke sana juga yaa, kak :3 Aamiin.
    *eh salam kenal kak Dea sholih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo fitriza salam kenal juga. Aamiin ya Allah semoga terwujud ;)

      Hapus